Seminar Penjaminan Mutu Pendidikan

Pada hari Senin, tanggal 16 Februari 2015 bertempat di Ruang Sidang Widyaiswara telah diadakan Seminar Pendidikan  yang digagas oleh Widyaiswara LPMP NTB. Gagasan awal dari pelaksanaan seminar ini adalah sebagai salah satu upaya rintisan Jurnal Pendidikan yang akan dibuka untuk berbagai kalangan di bidang pendidikan.

Seminar yang mengusung tema “Penjaminan Mutu Pendidikan melalui Kajian Kompetensi Guru dan Kualitas Pembelajaran” ini dibuka oleh Kepala LPMP NTB Drs. H. Muh. Irfan, MM. Dalam pengarahannya, beliau menyambut positif pelaksanaan kegiatan ini dan mengharapkan seminar pendidikan seperti ini dapat dilakukan secara berkala sebagai upaya  dan wadah Widyaiswara dalam menyebarluaskan karya ilmiah maupun karya inovatif yang telah dihasilkannya terutama terhadap penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang pendidikan. 

Seminar pendidikan ini menghadirkan tiga orang penyaji yang berasal dari unsur Widyaiswara LPMP NTB, yaitu Drs. Arifin, M.Pd dengan judul makalah “Studi tentang Kebutuhan Pelatihan Pedagogik Guru SD, SMP dan SMA (Studi Kasus di Provinsi Nusa Tenggara Barat). Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui kategori pelatihan yang dibutuhkan guru SD, SMP, dan SMA, serta untuk menentukan jenis pelatihan pedagogik, dengan lingkup kajian di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Makalah kedua disampaikan oleh Drs. H. Suyanto, M.ED yang mengangkat judul tentang “Quo Vadis Penjaminan Mutu Pendidikan. Dalam makalah ini diangkat tentang arah LPMP di era kabinet kerja sekarang ini. Dalam hal ini, LPMP diharapkan mampu berperan dalam berbagai upaya penjaminan mutu pendidikan yang dikupas melalui kajian empiris maupun pragmatis sebagai refleksi pengalaman selama menjalankan tugas sebagai abdi negara.

Makalah Ketiga disampaikan oleh Bakhtiar Ardiansyah, S.Pd., M.Pd berjudul “Analisis Tingkat Pemahaman Guru SMA Mata Pelajaran Kimia di Provinsi Nusa Tenggara Barat (Studi Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Online Tahun 2012)". Dalam makalah ini diangkat tentang tingkat pemahaman guru kimia SMA pada aspek kompetensi pedagogik dan profesionalnya berdasarkan hasil UKG Online tahun 2012, serta rekomendasi apa yang dapat diberikan agar guru kimia SMA dapat mencapai kompetensinya.

Sebagai Pembahas Utama dalam kegiatan ini adalah Seluruh Kepala Seksi dan Kasubbag di lingkungan LPMP NTB yaitu Dra. Hj. Sri Sukriyani (Kasi Sistem Informasi), Dra. Hj. Sudiati Prihatiningrum (Kasi Pemetaan Mutu dan Supervisi), Drs. Sakban (Kasi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan) dan Drs. I Made Murta Astawa, M.Pd (Kasubbag Umum). (Red-03/03/2015)