Sosialisasi Program Kerja SPI LPMP NTB Tahun 2015

Permendikbud Nomor  47 Tahun 2011 tentang Satuan Pengwas Intern menyatakan bahwa dalam rangka penguatan tata kelola dan akuntabilitas, penyelenggaraan tugas dan fungsi serta kegiatan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , perlu mendapat pengawasan secara sistematik agar terkendali, efisien, dan efektif, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Untuk itu, perlu dibentuk Satuan Pengawasan Intern yang selanjutnya disebut SPI. SPI  adalah satuan pengawasan yang dibentuk untuk membantu terselenggaranya pengawasan terhadap pelaksanaan tugas unit kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB Nomor 107/J35.1/KP/2015, Kepala LPMP NTB telah membetuk Satuan Pengawas Intern di Lingkungan LPMP NTB. SPI bertugas untuk melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di lingkungan LPMP NTB. Dalam melaksanakan tugasnya SPI akan menyelenggarakan fungsi seperti  penyusunan program pengawasan; pengawasan kebijakan dan program; pengawasan pengelolaan kepegawaian, keuangan, dan barang milik negara; pemantauan dan pengkoordinasian tindak lanjut hasil pemeriksaan internal dan eksternal; pendampingan dan reviu laporan keuangan; pemberian saran dan rekomendasi; penyusunan laporan hasil pengawasan; dan pelaksanaan evaluasi hasil pengawasan.

Guna menunjang tugas dan fungsinya, SPI melakukan Sosialisasi Program Kerja Tahun 2015 pada tanggal 26 Pebruari 2015 di Ruang Media LPMP NTB. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural, perwakilan widyaiswara, dan perwakilan fungsional umum di masing - masing seksi dan subag. Acara sosialisasi dibuka oleh Kepala LPMP NTB, Drs. Muh. Irfan, MM..Dalam arahannya, Kepala LPMP NTB menyampaikan harapan agar SPI melaksanakan tugas secara independen tanpa kepentingan apapun  serta bekerja penuh komitmen dan dedikasi yang tinggi. Kepala LPMP NTB juga menghimbau agar seluruh setiap seksi dan subag umum ikut berperan aktif sehingga SPI dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal.

Ketua SPI, I Ketut Budiarthi, SKM. selanjutnya memaparkan program kerja SPI tahun 2015 kepada peserta sosialisasi. Adapun program kerja SPI tahun 2015 diantaranya: (1) rapat koordinasi awal, (2) penyusunan program kerja, (3) rapat rutin bulanan, (4) pengumpulan TOR dan SOP, (5) review program lembaga/DIPA/RKAKL, (6) diklat penguatan internal, (7) pelaksanaan supervisi dan penyusunan laporan supervisi. Ketua SPI menjelaskan bahwa supervisi akan dilaksanakan setiap triwulan, yaitu bulan April, Juli, September, dan November.(Red-03/03/2015)