Berita : Sosialisasi Pemetaan Mutu Pendidikan ( PMP )

| | Tanggal : 05 Maret 2018 | Di Lihat : 173 Kali

                 Satuan pendidikan adalah ujung tombak untuk menghasilkan lulusan yang sekurang-kurangnya memiliki mutu nasional atau bahkan mencapai mutu maksimal (internasional). Untuk itu, perlu adanya penjaminan mutu yang tersistem dan bertanggung jawab dalam pengendalian penyelenggaraan pendidikan serta pencapaian mutu tersebut. Penjaminan mutu pendidikan ini merupakan kegiatan sistemik dan terpadu oleh satuan atau program pendidikan, penyelenggara satuan atau program pendidikan, pemerintah daerah, Pemerintah, dan masyarakat untuk menaikkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan. Tujuan jangka panjang penjaminan mutu pendidikan yang utama adalah tingginya kecerdasan kehidupan manusia dan bangsa sebagaimana dicita-citakan oleh Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang dicapai melalui penerapan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). 

               Oleh karena itu, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah sebagaimana amanat Permendikbud Nomor 14 Tahun 2015 pasal 1 dan 2, bahwa Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, adalah Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

              Untuk menjamin dapat terselenggaranya penjaminan mutu tersebut, maka LPMP berupaya untuk menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP), SPMP ini merupakan subsistem dari Sistem Pendidikan Nasional yang fungsi utamanya meningkatkan mutu pendidikan. Secara umum, cakupan pendidikan yang akan dijamin mutunya oleh LPMP meliputi bidang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan tata kelola pendidikan.

              Berpedoman pada semuanya itu, maka dipandang penting untuk melaksanakan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan melibatkan unsur Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan UPT Layanan Dikmen PK-PLK Kabupaten/Kota se-Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Adapun tujuan dan hasil yang diharapkan dari kegiatan Sosialisai sebagai berikut :

A. Tujuan

  1. Mensosialisasikan kebijakan pemerintah tentang penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah.
  2. Mensosialisasikan kebijakan (program, strategi, sasaran, dan pencapaian kinerja) LPMP Nusa Tenggara Barat.
  3. Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi tentang: kebijakan, kondisi pendidikan (mutu), program, sasaran, dan target kinerja pendidikan di Nusa Tenggara Barat.
  4. Penguatan sistem penjaminan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Barat.
  5. Menjalin kerjasama dan pembentukan networking antara LPMP, Dinas Pendidikan Propinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, UPT Layanan Dikmen PK-PLK Kabupaten/Kota dan para pemangku kepentingan lainnya dalam peningkatan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Barat.

B. Hasil Yang Diharapkan

  1. Tersosialisasikan kebijakan pemerintah tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.
  2. Tersosialisasikan program Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah yang ada  LPMP NTB.
  3. Terlaksana koordinasi dan sinkronisasi tentang: kebijakan, Program Penjaminan Mutu Pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  4. Terealisasi penguatan sistem penjaminan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Barat.
  5. Terwujud jalinan kerjasama dan pembentukan networking antara LPMP, Dinas Pendidikan Propinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten /Kota, dan para pemangku kepentingan lainnya dalam peningkatan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Barat.


Temukan Kami

Hubungi Kami

Alamat : Jl. Panji Tilar Negara No 8 Mataram

Telepon : (0370)631088
Email : ntblpmp@gmail.com
Website : http://www.lpmpntb.org