Berita : Kunjungan Pemantauan Sekolah Model dan Sekolah Binaan INOVASI Program Kerjasama Indonesia - Australia Dalam Rangka Saling Menyemangati dan Saling Membantu untuk Perbaikan Mutu dan Pelayanan Pendidikan

| | Tanggal : 16 April 2018 | Di Lihat : 93 Kali

              Sistem pendidikan nasional yang didefinisikan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia. Setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan, sebagaimana diamanatkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005. Penjaminan mutu pendidikan ini bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP). Agar penjaminan mutu dapat berjalan dengan baik di segala lapisan pengelolaan pendidikan, telah dikembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan yang terdiri dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SMPI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SMPE).

              Pada tahun 2016, LPMP NTB telah melaksanakan program sekolah model. Sekolah model adalah sekolah berbasis standar nasional pendidikan, yang mencakup 8 standar nasional pendidikan (standar kompetensi lulusan, standar proses, standar isi, standar penilaian, standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan ,standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar sarpras) . Sekolah model ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya dalam penerapan sistem penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah model menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga budaya mutu tumbuh dan berkembang secara mandiri pada sekolah tersebut.

              Pembinaan oleh LPMP dilakukan hingga sekolah mampu melaksanakan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah model dijadikan sebagai sekolah percontohan bagi sekolah lain yang akan menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah model memiliki tanggungjawab untuk mengimbaskan praktik baik penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada lima sekolah di sekitarnya, sekolah yang diimbaskan ini selanjutnya disebut dengan sekolah imbas.

             LPMP NTB, pada tanggal 15 Mret 2018 telah melakukan kunjungan pemantauan Sekolah Model dan Sekolah Binaan INOVASI Program Kerjasama Indonesia - Australia terhadap salah satu sekolah model  yang berlokasi di SDN 1 Kopang , Kec Kopang, Kab. Lombok Tengah, dengan tema Sekolah Model Berbasis Budaya. Selain dari LPMP NTB  kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Dirketur Pembinaan SD Ditjen Dikdasmen (Dr. Khamim), Kapuspendik Balitbang Kemdikbud (Moh Abduh, PhD), Precident Director INOVASI AusAID (Mr. Marx), Perwakilan Kedutaan Besar Australia (Ibu Dyah) dan rombongan. Dalam kunjungan tersebut, Bapak kepala LPMP NTB, Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si, juga mengadakan diskusi kecil dengan kepala sekolah maupun beberapa guru dari SDN 1 Kopang terkait masukan maupun kendala yang dihadapi oleh SDN 1 Kopang dalam menjalankan sekolah model yang dibina oleh LPMP NTB.


Temukan Kami

Hubungi Kami

Alamat : Jl. Panji Tilar Negara No 8 Mataram

Telepon : (0370)631088
Email : ntblpmp@gmail.com
Website : http://www.lpmpntb.org