Berita : Puncak Hardiknas dan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional

| | Tanggal : 14 Mei 2018 | Di Lihat : 10 Kali

               Hari pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2018, untuk pertama kalinya diselenggarakan secara nasional di Pulau Lombok, NTB dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, yang bertempat di Lombok City Center (LCC).  Tampak berbeda pelaksanaan puncak peringatan Hardiknas tahun ini, yaitu diselenggarakan bersamaan dengan penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional ke-26. Dalam penyelenggaraannya, LKS tahun ini dilaksanakan pada tanggal 6-12 Mei 2018 dengan diikuti oleh 1.068 siswa dengan mengangkat tema “Generasi Muda Zaman Now yang Berkompeten dan Berkarakter”.

              Persiapan dalam menyambut hardiknas, 3 UPT mengadakan beberapa lomba maupun kegiatan seperti, sosialisasi acara hardiknas pada masyarakat umum di jalan udayana saat CFD, lomba menyanyi solo, lomba mewarnai, pemilihan duta bahasa, dan lain-lain.

              Pada tanggal dan lokasi yang sama dengan pelaksanaan LKS, diselenggarakan pameran oleh 3 UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di NTB yaitu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas), dan Kantor Bahasa yang terdiri atas beberapa stan, berisi hasil karya dari masing-masing UPT seperti buku, jurnal, bulletin, dll. Selain itu, terdapat juga stan bazar buku murah yang merupakan bentuk kerjasama 3 UPT Kemendikbud tersebut dengan 13 penerbit. Untuk mendukung gerakan literasi, dilakukan upaya menggalang dana untuk masyarakat agar tergerak membeli buku. Total dana yang terkumpul, dibuat dalam bentuk kupon (voucher) senilai 20.000,-, 30.000,-, 50.000,-, dan 100.000 rupiah dengan total sejumlah 8,240.000,- Gerakan ini dilakukan dengan membagikan kupon kepada para pengunjung stan, kupon dapat ditukar pada stan stan bazar buku. Aneka cinderamata (souvenir) diberika pada para pengunjung stan. LPMP NTB juga mendirikan stan Pojok Literasi sebagai suatu bentuk gerakan membaca serta stan Darmawanita LPMP NTB yang memamerkan aneka produk yang diantaranya merupakan produk kerajinan yang dihasilkan oleh anggotanya.    

              Puncak acara hardiknas dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P beserta jajarannya. Selain itu di hadiri pula oleh kepala LPMP se-Indonesia. Kegiatan tersebut berjalan lancar berkat kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terlibat.


Temukan Kami

Hubungi Kami

Alamat : Jl. Panji Tilar Negara No 8 Mataram

Telepon : (0370)631088
Email : ntblpmp@gmail.com
Website : http://www.lpmpntb.org