Berita : Reviu Rencana Strategis LPMP NTB 2015-2019

| | Tanggal : 01 Juni 2018 | Di Lihat : 163 Kali

              Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015—2019 disusun berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Presiden No. 5 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015—2019, serta arahan Presiden untuk memperhatikan aspek perubahan dan kesinambungan (change and continuity), dan menghilangkan hambatan yang memacetkan proses (debottlenecking) program pembangunan pendidikan dan kebudayaan.

              Maka sejalan dengan pengintegrasian kebudayaan dalam pendidikan, Rencana Strategis Kemdiknas Tahun 2015—2019 yang telah disahkan dengan Permendiknas No. 44 Tahun 2010, harus direvisi dan disesuaikan. Penyesuaian Rencana Strategis  dilakukan melalui berbagai tahapan, termasuk interaksi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan dan kebudayaan di pusat dan daerah, partisipasi seluruh pejabat Kemdikbud, serta dengan mempertimbangkan seluruh capaian kinerja pembangunan pendidikan dan kebudayaan hingga saat ini.

              Pengintegrasian kebudayaan dalam pendidikan ditetapkan melalui Peraturan Presiden No. 77 Tahun 2011, tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden No. 47 Tahun 2009, tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara, serta Permendikbud No. 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

              Pelaksanaan kinerja di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) diawali dengan ketersediaan dokumen Rencana Strategis (Renstra) Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang diturunkan dari Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Renstra Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Kesesuaian penjabaran substansi Renstra UPT sangat mempengaruhi dalam penetapan-penetapan kebijakan pelaksanaan program/kegiatan yang dilaksanakan lembaga.Implikasi dari hal tersebut maka perlu dilakukannya Reviu  Rencana Strategis  Tahunan sebagai refleksi evaluasi tahunan lembaga, yang meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Informasi dan data dukung dan kondisi kelembagaan
  • Substansi Perencanaan Strategik
  • Penetapan Indikator Kinerja
  • Matrik Pentahapan Program/Kegitan

              LPMP NTB sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) memiliki tugas dan fungsi sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor14 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, yakni LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

              Untuk memperlancar pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga, dibutuhkan renstra LPMP NTB 2015 – 2019. Renstra tersebut sebagai pijakan lembaga dalam melaksanakan tugas  dan fungsi penjaminan mutu pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rencana Strategis  menjadi sangat penting untuk lembaga, sebab nantinya digunakan sebagai pedoman dan acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) setiap tahunnya. Kemudian hal kedua, bahwa renstra ini menjadi pijakan dalam penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) sebagai bahan pertanggungjawaban atas pelaksanaan kinerja LPMP NTB periode 2015-2019.

Untuk kelancaran pelaksanaan Reviu Renstra LPMP NTB 2015-2019 ini, ditetapkan personalia sebagai berikut :

  1. Kepala LPMP NTB sebagai pengarah;
  2. Kepala Subbagian Umum sebagai penanggungjawab;
  3. Sekretaris Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Kepala LPMP NTB,Bagian Perencanaan Setditjen Dikdsamen,Biro PKLN dan Biro Keuangan Kemdikbud sebagai Narasumber;
  4. 4 (empat) orang unsur LPMP NTB sebagai panitia;
  5. 30 (tiga puluh) orang sebagai peserta, terdiri dari unsur Pejabat Struktural, seksi dan subbag di lingkungan LPMP NTB.