Berita : BIMBINGAN TEKNIS SISTEM PENJAMINAN MUTU EKSTERNAL (SPME) BAGI TIM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH (TPMPD) TAHUN 2018

| | Tanggal : 20 Juli 2018 | Di Lihat : 70 Kali

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, mennyatakan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah terdiri atas: Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Dikdasmen dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Dikdasmen.

SPMI Dikdasmen dilaksanakan oleh direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, dan dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan di jalur formal pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. SPME Dikdasmen direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, dan dikembangkan oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah, BSNP, dan BAN-S/M sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Untuk menunjang  tugas dan wewenang dalam penjaminan mutu pendidikan di daerah maka pemerintah daerah membentuk Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD).

Agar TPMPD dapat mengawal SPMI dan SPME secara maksimal di daerah LPMP NTB melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Bagi Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) pada tanggal 18 s.d 20 juli 2018 di D’MAX Hotel Praya Lombok Tengah. Adapun tujuan bimtek yang berlangsung selama 3 hari ini : a) meningkatkan pemahaman tentang penerapan SPME dan TPMPD; b) memberikan informasi terkait tugas TPMPD; dan c) mengembangkan kemampuan TPMPD dalam melaksanakan SPMI.

Kegiatan yang diikuti oleh 56 orang peserta dari unsur Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, UPT Layanan Dikmen PK&PLK Kabupaten/Kota, dan LPMP ini  dibuka oleh kepala LPMP NTB, Minhajul Ngabidin, S.Pd.M.Si .  Kepala LPMP NTB dalam kesempatan tersebut sekaligus memberikan materi Kebijakan Kemendikbud terkait SPME dengan menekankan bahwa mutu pendidikan di daerah merupakan tanggung jawab bersama. Bukan semata-mata tanggung jawab sekolah saja sebagai satuan pendidikan, akan tetapi keterlibatan stake-holder yang lainnya juga memiliki andil dalam mensukseskan tujuan pendidikan.

Salah satu narasumber kegiatan ini adalah Dr. Ir. Yadi Haryadi, M.Sc. , anggota satuan tugas penjaminan mutu pendidikan, Ditjen Dikdasmen Kemendikbud. Beliau menyampaikan  materi terkait peran dan pembentukan TPMPD. Dalam kegiatan ini juga dilakukan evaluasi terhadap keberadaan dan program kerja TPMPD yang telah dibentuk di tingkat provinsi, kabupaten/kota. Harapannya setelah mengikuti bimtek ini peserta lebih memahami peran dan tugas TPMPD dalam peningkatan mutu pendidikan di wilayah masing-masing.