Berita : PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013 TAHUN 2018

| | Tanggal : 01 Oktober 2018 | Di Lihat : 84 Kali

   Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Nusa Tenggara Barat (LPMP NTB), selaku Perwakilan Kemdikbud RI di daerah, yang diberikan tugas untuk melaksanakan program implementasi Kurikulum 2013 di seluruh satuan pendidikan yang menjadi sasaran K13 tahun 2018, telah, sedang dan akan melaksanakan Kegiatan Pendampingan K13. Sebagai informasi, Pendampingan K13 ini adalah lanjutan dari program implementasi K13 yang dimulai dari Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyegaran Instruktur Provinsi (IP), dilanjutkan dengan Bimtek Penyegaran Instruktur Kabupaten (IK) dan Bimtek Guru Sasaran (GS).

   Pendampingan K13 ini bertujuan untuk memberikan penguatan dan penyumpurnaan terhadap hal-hal yang belum tuntas pada saat Bimtek GS, terutama kaitannya dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Penilaian. Sasaran pendampingan yaitu Guru Sasaran yang sudah diberikan bimbingan teknis oleh P4TK IPS dan PKn melalui Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang SD dan SMP, Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA dan SMK maupun yang pelaksanaannya langsung oleh Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Jumlah Guru Sasaran yang akan diberikan pendampingan adalah 6793 guru untuk semua jenjang dengan sekolah sasaran berjumlah 1853 sekolah.

   Pendampingan tahun 2018 ini dilaksanakan dengan pola Pendampingan IN dan Pendampingan ON yang dilaksanakan masing-masing 1 (satu) kali. Pendampingan IN dilaksanakan di Tempat Pelaksanaan Kegiatan (TPK) yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan, sedangkan Pendampingan ON dilaksanakan di satuan pendidikan masing-masing guru sasaran yang akan didampingi.

   Pendamping yang akan mendampingi guru sasaran baik pada saat pendampingan IN maupun pendampingan ON adalah guru, kepala sekolah, pengawas, atau Widayaiswara LPMP NTB yang bertindak sebagai Instruktur Provinsi (IP) atau Instruktur Kabupaten (IK) yang sudah diberikan Bimtek Penyegaran K13 tahun 2018 baik ditingkat Pusat maupun ditingkat Provinsi. Jumlah instruktur tersebut adalah 1522 orang.

   Pendampingan K13 dilaksanakan di 10 Kabupaten/Kota di 210 TPK secara bertahap sesuai dengan kesiapan masing-masing TPK, pendamping, maupun hal-hal lainnya yang terkait dalam  penunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan.

   Tahapan Pendampingan IN yang dilaksanakan tampah dalam tabel di bawah ini, sedangkan pendampingan ON dilaksanakan setelah pendampingan IN selesai sampai dengan akhir Oktober 2018.

Tabel Tahapan Pelaksanaan Pendampingan IN
No Kabupaten/Kota Tahap Tanggal
1 Kab. Lombok Tengah Tahap I 1 - 6 Sept 2018
2 Kab. Lombok Barat Tahap II 9 - 17 Sept 2018
3 Kota Mataram
4 Kab. Bima Tahap III

20 - 25 sept 2018

5 Kab. Dompu
6 Kota Bima
7 Kab. Sumbawa Tahap IV

28 Sept - 5 Okt 2018

8 Kab. Sumbawa Barat
9 Kab. Lombok Utara Tahap V

8 - 13 Okt 2018

10 Kab. Lombok Timur

   Setelah pendampingan K13 rampung dilaksanakan, LPMP akan melaksanakan kegiatan Asistensi Pelaporan Pendampingan di setiap Kabupaten/Kota sebagai bentuk pertanggungjawaban dan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.