Berita : Kepala LPMP NTB Monitoring Pendampingan IN K13

| | Tanggal : 01 Oktober 2018 | Di Lihat : 97 Kali

   Selasa, 25 September 2018, Kepala LPMP NTB, Minhajul Ngabidin, melakukan kunjungan ke beberapa lokasi tempat diselenggarakannya pendampingan Kurikulum 2013 (K13). Kunjungan ini dimaksudkan untuk memonitoring proses pelaksanaan pendampingan K13. Pendampingan ini dilaksanakan untuk mengawal implementasi Kurikulum 2013 dengan memberikan layanan pendampingan dan penguatan bagi guru sasaran dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut.
   Saat berkunjung ke SMKN 10 Bima, Selasa, 25 September lalu, Minhajul Ngabidin mengajak para guru sasaran untuk berdialog. Dialog berjalan cukup dinamis saat para peserta merespons pertanyaan tentang kesulitan yang dialami selama mereka menjadi guru. Selanjutnya dialog dilanjutkan berkenaan dengan kreatifitas guru. Di ujung dialog, Kepala LPMP NTB yang juga mantan seorang guru tersebut berbagi kisah tentang pengalamannya selama menjadi guru di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang kemudian menjadi widyaiswara hingga menjadi Kepala LPMP NTT maupun Kepala LPMP NTB saat ini. Pada kesempatan itu, beliau juga menyampaikan agar para peserta mengikuti kegiatan dengan serius supaya mereka dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan baik di sekolah masing-masing. Kunjungan Kepala LPMP NTB kemudian dilanjutkan ke SDN 43 Melayu Kota Bima.
   Tahun 2018, LPMP NTB memberikan pendampingan kepada guru-guru yang telah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) PKn dan IPS bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota pada bulan Juni yang lalu. Tidak kurang dari 7000 orang guru sasaran yang mendapatkan pendampingan Kurikulum 2013. Guru-guru sasaran tersebut berasal dari 1.853 sekolah yang menjadi sasaran Kurikulum 2013 di Provinsi NTB. Pendampingan kepada guru sasaran dilakukan dengan pola IN dan ON.
   Pendampingan pola IN dilaksanakan di 201 Tempat Pelaksanaan Kegiatan (TPK) yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Pendampingan pola ON akan dilaksanakan pada saat guru sasaran melaksanakan pembelajaran sebenarnya di kelas. Pada saat itu, para guru sasaran akan diobservasi oleh para instruktur kabupaten yang mendampingi mereka dalam implementasi Kurikulum 2013. LPMP NTB telah melatih 1.522 orang instruktur yang terdiri dari unsur guru, pengawas, dan kepala sekolah untuk menjadi pendamping bagi guru sasaran dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. (Tiar/MM)