Berita : Kepala LPMP NTB: Anak-Anak Tidak Boleh Berhenti Belajar

| | Tanggal : 01 Oktober 2018 | Di Lihat : 30 Kali

      Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Nusa Tenggara Barat (LPMP NTB), Minhajul Ngabidin, mengatakan bahwa pendidikan bagi siswa tidak boleh terputus meskipun pembelajaran dilakukan dalam kondisi tidak normal. Hal itu disampaikan ketika ia memberikan materi pada kegiatan Bimbingan Teknis Pembelajaran dalam Kondisi Darurat di SDN 1 Labuhan Mapin, Kabupaten Sumbawa, Senin (1/10). Ia menjelaskan bahwa anak-anak harus tetap sekolah dan belajar. Untuk itu, pembelajaran dapat dilakukan baik dalam kelas maupun di luar kelas.

"Anak-anak tidak boleh berhenti belajar. Mereka harus tetap bersekolah meskipun belajarnya dalam kelas yang terbuat dari tenda darurat", paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk membantu para guru dalam menyiapkan pembelajaran pada kondisi pascabencana, LPMP NTB memberikan bimtek pembelajaran dalam kondisi darurat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru bagaimana melaksanakan pembelajaran dalam kondisi setelah terpapar bencana. Selain itu, program ini sekaligus untuk memberikan layanan psikososial dan psikoedukasi bagi para guru terdampak gempa.

Kepala LPMP NTB juga memberikan motivasi kepada peserta agar dapat mengambil hikmah dibalik peristiwa bencana gempa. Guru-guru bisa lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran di luar kelas. Berdasarkan pengalaman melaksanakan pembelajaran dalam kondisi tidak normal, para guru bisa membuat tulisan praktek baik pembelajaran dalam kondisi darurat. Ini dapat menjadi kegiatan pengembangan profesi yang kontekstual.

Zulkipli, salah seorang peserta bimtek menyampaikan bahwa LPMP NTB telah melakukan tindakan yang tepat dengan menyelenggarakan bimtek ini. Tidak hanya siswa yang perlu mendapatkan pendampingan pascagempa tetapi para guru juga perlu mendapatkan hal yang sama. Ia merasa bersyukur bisa ikut bimtek ini sehingga ia tahu bagaimana melakukan pembelajaran dalam kondisi darurat.

"LPMP NTB telah tanggap dengan melaksanakan bimtek bagi pendidik dalam suasana bencana. Terima kasih kepada LPMP NTB. Terima kasih kepada tim fasilitator yang telah mendampingi kami", ujarnya di depan peserta yang lain.

Berikan Bantuan Perlengkapan Sekolah

      Pada kesempatan itu, Kepala LPMP NTB menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah bagi siswa yang terdampak gempa. Bantuan itu diterima secara simbolis oleh Kepala UPTD Kecamatan Alas dan Kepala UPTD Kecamatan Alas Barat. Ia menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan terbatas, tidak bisa memenuhi semua kebutuhan siswa. Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan pendidikan sehingga kegiatan pembelajaran segera berjalsn normal dan anak-anak bisa belajar dengan nyaman. (MM)